Tentang Saya, Sebuah Blog Dan Kancut Keblenger

by - 12:43 PM


Awal mula kisah tentang gue yang kepengen banget bikin sebuah website komersil tapi gak bisa. Waktu itu kalo gak salah bulan september tahun 2009-an pas masih pake seragam SMK. Satu dua kata pencarian gue tanya ke Pak Google berharap kepastian nyari-nyari tutorial cara mudah buat website. Lama menunggu karena jaringan internetnya lagi lemot dan akhirnya pertanyaan gue pun dijawab oleh Pak Google. Setelah Pak Google menunjukan arah dan banyak tutorial ada ditangan gue pun mempraktekan apa yang dijelaskan oleh si tutor itu. Satu dua step gue jalani dengan sesabar-sabarnya hati dan keyakinan serta kepercayaan diri yang tinggi dan tanpa disadari ternyata pusing oge bikin website teh. Ahhh! Terus dan terus, mengutak-atik, mengulak-ulik satu persatu langkah demi langkah yang tutorial jelasin ternyata masih gak bisa juga bikin itu website. Njir! *kemudianterjundiatastebing*

Galau segalau-galaunya karena websitenya gak jadi-jadi akhirnya gue memutar balikan otak mencari jalan pintas keluar dari permasalahan yang bikin kepala garuk-garuk kaya mongki ini. Kemudian, tanpa banyak omongan basa-basi gue langsung nanya ke temen sekolah yang plus 1 lebih jago dari gue ngejelasin permasalahan kronis yang sedang dialami ini.

"Brader, susah juga ya bikin website!"

"Iya, emang susah bro"

"Heeh puguh, njir pisan. Gimana dong brader?"

"Kalo lo kepengen banget bikin website tapi gak jadi-jadi mulu, mending buat blog aja. Hampir sama kaya website dan lebih mudah juga bikinnya"

"Blog? Caranya?"

"Searching aja di Google, bro"

Blog? What is the blog? Apa mungkin singkatan dari goblog?


Dari situ awal perkenalan romantis gue dengan yang namanya blog. Pas pertama itu sangat awam banget belum mengetahui apa yang dinamakan tentang dunia perbloggeran. Awal-awal buat postingan dulu, gue posting link donlotan game java gratis yang tadinya mah pengen ngikutin situs macem 4shared nyediain segala konten buat didonlot. Semakin lama waktu berputar gue semakin tahu apa yang namanya blog dan mulai mengunjungi blog-blog lain diluar sana. Satu dua blog gue jelajahi dan kepoin, sampe akhirnya gue menemukan sebuah blog fenomal, cetar, badai pokona mah yaitu terselubung[dot]blogspot[dot]com. Gue sedikit kaget, terkejang-kejang, sedikit sesak pas ngeliat traffic si terselubung. Mantep banget traffic si terselubung sampe-sampe ranking di alexanya nembus angka 15 ribuan. Ngiler sengiler-ngilernya gue kepengen banget punya blog kaya si terselubung. Akhirnya gue memutuskan untuk mengikuti jejak si terselubung itu dengan gaya copas dan misteriusnya. Berbulan-bulan lamanya gue ngikutin style-nya si terselubung, kadang sesekali juga suka bikin postingan sendiri. Dari masalah traffic alhamdulillah lumayan bagus meskipun postingannya hasil copasan. Tapi ada satu titik masa dimana kehambaran blogging mulai menggerayangi otak. Gue bingung! Gue gak tau! Pada fase kehambaran ini gue sangat amat labil, bosan dengan blog lama, buat blog baru, ganti desain, dll. Sampe pada akhirnya gue menemukan sebuah blog penghibur yang frontalnya melebihi omongan nenek gue, bikin ngakak guling-guling gak berenti-berenti. Iya, gak salah lagi! Pada fase ini gue menemukan blognya kapina yang beringas. Setelah menemukan blog beringas punyanya kapin ini gue langsung jelajahin / kepoin isi blognya, satu per satu postingan gue baca sampe abis. Dari penjelajahan blog ini gue ngeliat di sidebar kiri blog ada sebuah banner mencurigakan yang bikin penasaran. Awal-awal liat gue sangka banner bergambarkan kancut itu mengarah ke sebuah situs 3gp XXX. Gue pun mengabaikannya!

 Banner KK di Kancut Beringas

Sesaat setelah itu penjelajahan blog-blog lain dimulai kembali, liat-liat desainnya, postingannya, sambil copas-copas dikit postingan blog lain mahaha. Terus dari penjelajahan yang kesekian kalinya itu gue menemukan satu blog lain yang masang banner sama seperti banner yang ada di blognya kapina. Ini gue semakin penasaran aja. Banner apakah ini? *konspirasi*

Karena rasa penasaran gue yang saat itu seperti popcorn yang meletup-letup akhirnya gue klik aja itu banner. Dan ternyata prasangka gue terhadap banner mencurigakan itu sangat-sangat salah. Setelah diklik ternyata banner itu mengarah ke sebuah grup facebook yang dinamakan Kancut Keblenger. Ada sebuah penjelasan singkat tentang grup misterius ini.

Header web dan grup facebook KK

"Kancut Keblenger adalah sebuah komunitas blogger kreatif Indonesia yang dibuat pada tanggal 28 Februari 2011 oleh @irvinalioni. Disini kita bisa promosi postingan terbaru/menarik, share something, diskusi, belajar ngeblog, etc."

Dari penjelasan diatas gue agak-agak shock! Apa coba ada sebuah komunitas blogger kreatif tapi namanya kancut (sama dengan sempak, cangcut, color) plus ditambah keblenger lagi -__-. Okeh, lupakan!
Setelah semua konspirasi ini terpecahkan gue langsung minta gabung ke grup Kancut Keblenger (kalo gak salah bulan Desember 2012).

Selang satu dua hari gue pun langsung di accept oleh si mincut dan disuruh baca-baca rule yang dibikin si mincut. Sesudah baca-baca rulenya gue gak langsung memperkenalkan diri tapi lebih memilih untuk memantau lebih dulu keadaan dan kondisi. Dan setelahnya gue menjadi silent reader di Kancut Keblenger, gue langsung tersadar seakan malaikat penolong ngasih tahu kalo grup / komunitas blogger ini sangat anti banget sama yang namanya copas mencopas. Iyalah, namanya juga KOMUNITAS BLOGGER KREATIF INDONESIA. Gue jadi malu sendiri gak tau kenapa. Semenjak itu gue langsung ngerombak daleman blog, hapus semua postingan-postingan hina hasil copasan dan mulai bikin postingan orginal dari hasil pemikiran sendiri. Setelah rombakan besar-besaran yang gue lakukan di blog, finally gue pun berani untuk memperkenalkan diri ke khalayak umum. Dan ternyata setelah perkenalan diri itu respon dari sesama kawancut sangat terbuka, sangat welcome gak membeda-bedakan dari kalangan manapun. Gue seneng akhirnya ada komunitas blog yang gak random, penuh dengan ilmu, kekompakan dan kreatifitas masing-masing kawancut yang membanggakan.

3 poin paling utama yang menurut gue ada di Kancut Keblenger.

Kreatif

Salah satu kata yang sangat tepat untuk ditujukan ke komunitas blogger satu ini. Disini gue menemukan orang-orang yang emang beneran kreatif seperti ilustrator, musisi, mangaka, stand up comedian, dll.

Ilmu

Ya, disini juga gak cuma ketemu sama sesama orang yang hobi blogging doang tapi juga bisa mendapatkan ilmu. Seperti halnya dari sesi #DiskusiKK dan #BelajarNgeblog dari kiriman anggota KK lain yang ngirim ke wall grup. Gue jadi dapet banyak ilmu dan bisa dimanfaatin sebaik-baiknya.

Temen Bahkan Jodoh

Heeh, teu salah deui. Disini juga kita bisa dapetin banyak temen bahkan kalo bisa speak-speakan mah sama 2000 lebih anggota KK bisa tuh dapet satu dua jodoh mahaha. Yang penting sering-sering aktif di grup.

Ohiya! Kancut keblenger juga gak cuma eksis dan bergumul di dunia maya aja, tapi sesekali para kawancut mengadakan kopdar dan menghadiri event-event social media atau event-event lain yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi sesama kawancut. Seperti halnya tanggal 17 Maret kemaren pas hari minggu. Kawancut ngadain kopdar se-jabodetabek di kebun binatang Ragunan, Jakarta.

Kopdar kawancut di Ragunan. Gak ikut :'(
Beuh! Keren pisan kan!

Gak cuma itu doang. Dari kopdar dan kumpul-kumpul sesama kawancut, Kancut Keblenger pernah masuk sebuah majalah dan pernah juga masuk koran warta online di Jakarta.

KK di majalah Hai
Hebat pisan pokona mah!

Intinya, gak nyesel gabung sama komunitas blogger ini. Seru, gokil dan kece pula. Kancut Keblenger juga telah menyadarkan gue akan yang namanya copy paste postingan orang lain itu sangatlah hina, gak ada nilai kreatifnya. Makasih Ncut :3

Terakhir, gue mau ngucapin selamat ulang tahun buat Kancut Keblenger yang kedua. Ulang tahunnya sih tanggal 28 Februari kemaren, telat, tapi gak apa-apa kali ya.


Dan dari postingan ini gue turut serta mengikuti rangkaian lomba blog 2013 dan #LombaNgeblogKK di #HariJadiKancutKeblenger yang kedua. Harapan gue semoga Kancut Keblenger makin kece, makin cetar, anggotanya tambah banyak dan menjadi komunitas blogger nomer 1 di Indonesia. Amin.

Sekian, wassalam :).

You May Also Like

19 komentar

  1. Sensor di mukanya itu ..... #speechless

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu Kancutnya jelek banget, kalo mau sensor pake kancut bagusan dikit dong... *muntah

      pasti demi KK nih, sampe di bela-belain jadi antimainstream... good job, semoga menang yak,

      Hapus
    2. Ebuset!! -__-

      Special buat KK yang lagi ultah. Kapan lagi coba :)

      Hapus
  2. komunitas blogger nomer 1 diindonesia, aminn

    BalasHapus
  3. semoga menang :D eh itu sempak siapa buat sensor muka? -.-v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iye amin :D
      punya temen, sedikit bau juga itu haha

      Hapus
  4. mantap postingannya !
    semoga menang ya ... ;D

    BalasHapus
  5. Wahaha keren euy KK! Udah masuk majalah HAI! Sudah menggetarkan Indonesia :D

    BalasHapus
  6. wakakak lucu juga foto buat post #LombaNgeblogKK punya lo hehe

    BalasHapus
  7. bener bro blog personaih memuaskan batin daripada blog copasan, salam kancut kreatif :D

    BalasHapus
  8. Terima kasih atas artikel dan gambar menariknya. Semoga menjadi inspirasi buat kita semuanya. Salam kunjungan dari blog
    http://dengandemikian.blogspot.com

    BalasHapus
  9. Dasar kancut! salam kancut kreatip! hahahah...btw kalo ada waktu, bole mampir ke mari http://deardiare-idham.blogspot.co.id/ :)

    BalasHapus
  10. Dasar kancut! salam kancut kreatip! hahahah...btw kalo ada waktu, bole mampir ke mari http://deardiare-idham.blogspot.co.id/ :)

    BalasHapus

Sok mangga kasih komentar yang berhungan dengan tema tulisan ini. Satu kritik dan saran yang membangun dari kalian sangat membantu dalam mengembangkan tulisan saya ini. Thx :))