5 Band Punk Rock Jepang Terbaik

by - 9:58 PM

Sebagian dari kalian dan banyak orang lainnya di Indonesia mungkin sedikit kurang suka atau bahkan tidak suka sama sekali dengan jenis musik punk rock. Faktor kurang nyaman karena musiknya terdengar lebih "keras" dan juga terdengar lebih berisik di telinga bisa jadi alesan orang-orang khususnya di Indonesia gak suka dengan musik jenis ini. Atau mungkin seperti dari penampilan dan kelakuan anak-anak punk rock yang banyak orang identikan dengan beberapa hal negatif macem anarkisme, gaya urakan semaunya, rambut mohawk, tato dan piercing jadi alesan tambahan orang-orang di Indonesia gak suka musik punk rock. Haeh.. Gak juga sih! Gak semuanya punk rock selalu indentik sama hal-hal seperti itu.

Okeh, saya sedikit bingung. Punk rock sendiri di Indonesia memiliki 2 artian yang beda.

1) Punk rock yang bergaya urakan, kotor, rambuk mohawk, bertato, menggunakan piercing, sering berkeliaran dijalanan dan suka bawa gitar kecil


2) Punk rock pure genre musik yang dimainkan diatas panggung dari gigs ke gigs.


So, dari kedua definisi itu saya mau bahas yang nomer duanya.


Bicara tentang musik punk rock yang sering dimainkan diatas panggung dari gigs ke gigs, di Indonesia sendiri musik genre punk rock kurang begitu familiar dan kurang begitu diterima dikalangan masyarakat umum. Kembali lagi ke tadi, orang Indonesia mungkin kurang nyaman memdengarkan musik punk rock dan (mungkin) kebanyakan orang Indo lebih suka lagu-lagu pop melayu kalem dengan tempo santai ketimbang musik yang punya tempo keras macem punk rock. Emm.. Lebih ke selera musik masing-masing orang juga kayanya. Saya sendiri pribadi lebih suka dan demen dengan jenis musik bergenre punk rock ini. Dimulai dari jamanan SMK sampe sekarang masih tetep suka. Kalo ditanya kenapa saya bisa suka dengan musik jenis ini mungkin lebih ke karena jenuh sama musik populer yang banyak orang-orang dengerin. Terus juga karena tempo musiknya yang lebih keras dan hentakan dari drum-nya yang bikin saya lebih semangat jadi alesan kedua kenapa saya bisa suka musik punk rock. Tapi bukan berarti saya gak suka musik selain punk rock, bukan! Yang lainnya juga suka asalkan enak didenger. Mau pop, dangdut, koplo, lagu daerah, etc gak masalah yang penting enak didenger di telinga. Okesip! Intinya musik punk rock kurang begitu diterima oleh banyak orang di Indonesia. Beda jauh banget sama keadaan di Jepang. Keliatannya sih musik punk rock bisa diterima dengan baik dikalangan masyarakat Jepang. Antara musik populer dan punk rock sama-sama berjalan dan saling menghiasi dunia permusikan Jepang. Salah satu contoh musik punk rock bisa diterima di Jepang semisal dijadiin soundtrack untuk film anime seperti lagunya "Long Shot Party" yang judulnya "Distance" yang jadi opening Naruto (udah lama juga sih). Terus juga "Totalfat" yang ngisi ending Naruto dengan judul "Place To Try". So, jelas banget kan bro kalo musik jenis punk rock bisa diterima dengan baik dikalangan orang-orang Jepang. Nih liat videonya.




Dari ke-mainstream-an musik punk rock di Jepang, banyak banget band-band yang menghiasi dunia permusikan Jepang dengan mengusung genre musik punk rock ini. Beberapa diantaranya jadi band favorit bahkan terbaik menurut saya dan mungkin setelah baca review dibawah ini kalian yang dulunya gak suka dengan musik jenis punk rock bisa terhipnotis dengan "distorsi" alunan musik punk rock. Yaw, daripada banyak bacotan lain yang lebih geje mending cekidot aja gans! Inget ye, ini versi / penilaian dari saya pribadi bukan versi dari on the cepot loh hehe. Buat yang belum pernah denger sama sekali musik punk rock coba dicek dan didenger dulu deh. Yakali bakalan suka. Gak rugi ini kok :)

5. Four Get Me a Nots


Four Get Me A Not, salah satu band punk rock asal kota Chiba, Jepang yang dibentuk pada tahun 2004. Awal mulanya terbentuk, band ini memiliki 4 orang member. Namun pada tahun 2006 salah satu member Four Get Me A Nots pada gitar memilih untuk hengkang dari band dan otomatis menyisakan 3 orang member hingga sekarang ini. Tahun 2007, Four Get Me A Not merilis split album (album musik lebih dari satu artis) kolaborasi dengan salah satu band punk rock jepang yaitu FAM bertajuk " Focus". Kemudian pada bulan Maret 2008 Four Get Me A Nots bersama recording indie 773Four RECORDS merilis mini album "Foresight" dan di tahun yang sama tepatnya tanggal 1 Desember mereka merilis full album pertama ber-tittle "Down To Earth". Bulan Mei tahun 2010 kembali, Four Get Me A Nots merilis mini album kedua bertajuk "TRIAD". Juli 2011 mereka merilis single pertama dengan judul "Heroine" dan pada tanggal 2 September di tahun yang sama lagi mereka merilis full album kedua bertajuk "Silver Lining". Bulan April 2012 rilis, mini album ketiga Four Get Me A Nots ber-tittle "Elixir", dan selang 5 bulan dari rilis mini album ketiga tepatnya pada September 2012 mereka bermain di "2012 Rock In Taichung Festival" yang diselenggarakan di Taiwan. Dan belum lama ini mereka kembali mempersempahkan karyanya lewat full album ketiga ber-tittle "Blink" yang dirilis pada bulan Maret tahun 2013.

Member : Chie Takahashi (guitar and vocal), Yasunori Ishitsubo (bass and vocal), Takayayki Abe (drums and vocal) 

Full Album : Down To Earth (03 Desember 2008), Silver Lining (07 September 2011), Blink (06 Maret 2013)

Single : Heroine (27 Juli 2011)

Mini Album : Foresight (26 Maret 2008), Triad (12 Mei 2010), Elixir (25 April 2012)

Best song :


4. Secret 7 Line

Secret 7 Line merupakan band punk rock asal jepang yang dibentuk pada bulan Juni tahun 2007. Mereka mulai mempertontonkan aksinya sebulan kemudian setelah band ini terbentuk yaitu pada bulan Juli tahun 2007. Pada tanggal 22 Oktober 2008 mereka membuat debut full album  pertama yang berisikan 12 lagu bertajuk "How many lines does she hide?" dan setahun kemudian tepatnya pada tanggal 16 september 2009 mereka membuat single pertama dengan judul "1993". Bulan Mei 2009 Secret 7 Line menjadi band pendukung MxPx dalem rangkaian acara tour MxPx di Cina dan sekaligus menjadikan tur perdana mereka di negeri tirai bambu. Lalu pada bulan Semptember ditahun yang sama Secret 7 Line kembali melakukan tur keduaya ke Cina. Lagi, kemudian pada bulan Mei 2010 mereka kembali melakukan tur untuk yang ketiga kalinya ke Cina dalem rangkaian acara "MIDI FESTIVAL" yang dihadiri kurang lebih dari 20.000 penonton. Secret 7 Line sendiri hingga saat ini sudah memiliki 4 full album dan beberapa single lagu.

Member : Ryo (guitar dan vocal), Shinji (bass dan vocal), Takeshi (drum dan vocal)

Full Album : How Many Lines Does She Hide?, (22 Oktober 2008), Secret 7 Line (20 Januari 2010), Apathy (12 Januari 2011), Now Here To Nowhere (06 Juni 2012)

Single : 1993 (06 April 2011), Come Back To You / Keep It Going (23 September 2010), Down To hell / It's All Right (25 April 2012)

Live Album : Apathy Tour Final (25 April 2012)

Best song :



3. SpecialThanks


Salah satu band punk rock favorit saya, SpecialThanks merupakan band punk rock asal kota Aichi Prefecture, Jepang yang dibentuk pada tahun 2006. Band ini memiki 4 orang member yang mana dua dari member SpecialThanks lama hengkang dan digantikan dengan yang baru. Bersama label KOGA/Groovy Drunk Record SpecialThanks merilis debut full album pertamanya ber-tittle "Seven Lovers" pada 26 Januari 2011. Dari banyaknya karya yang dipersembahkan SpecialThanks, salah satu single  berjudul "You Say Good Bye" dari band ini pernah menjadi "single of the week" di itune Jepang yang mana dalem waktu 7 hari sudah teruduh lebih dari 60.000 unduhan. Hingga sekarang ini SpecialThanks sudah memiliki 2 mini album, satu live album dan satu full album. Oh iye, lagu SpecialThanks seluruhnya diisi oleh bahasa Inggris. Salah satu member SpecialThanks, Misaki dalam sebuah wawancara dengan Japanfiles.com menyatakan "sejak saya masih kecil, Semua band Jepang favorit saya seperti DONUT MEN dan STOMPIN'BIRD bernyanyi dalam bahasa Inggris. "Berada di sebuah band = bernyanyi dalam bahasa Inggris. Saya pikir itu normal."

Member : Misaki (vocal & guitar), Heisuke (guitar & chorus), Junpei (drums), Hiromu (bass & chorus).

Ex Member : Nochi (Drums) Sean (Guitar & Chorus).

Full Album : Seven Lovers (26 Januari 2011)

Mini Album : Seven Colors ( 06 Agustus 2008), Seven Showers (05 Agustus 2009), Campanule e. p. (05 Desember 2012)

Live Album : Seven Live Plus 1 (22 September 2010)

Single / Compilation : Erection!!! - TRIBUTE TO NOT REBOUND (02 September 2009), Let's Talk About Origins - A Tribute To LAGWAGON (14 Juli 2010), !LECHE CON COVER! - A Tribute To NO USE FOR A NAME (18 Agustus 2010), The Best New - Comer Of The Year (15 April 2009), Great Guitar (07 Juli 2008)

Best song :



2. TOTALFAT


Kalo band yang satu ini mungkin sudah bisa dibilang band punk rock jepang sesepuh kali hehe. Sudah familiar lah.. Band yang berasal dari kota Hachioji, Jepang yang dibentuk pada tahun 1999 ini awal mulanya sering memainkan lagu-lagu dari NOFX dan band punk lain diluar Jepang. Kemudian di tahun 2003 Totalfat bersama label independen Jepang Catch All Record merilis satu full album ber-tittle "End of Introduction" dan habis terjual 3.500 kopi CD. Lalu pada tahun 2005 Totalfat merilis mini album pertama bersama recording yang sama bertittle "Get It Better" dan laku terjual 3.000 keping CD. Hingga sekarang ini Totalfat sudah memiliki 8 full album, 2 mini album dan 4 single. Tentunya, Totalfat sering menjadi band pendukung yang selalu hadir di acara festival-festival musik Jepang seperti Rock in Japan, Punk Spring, dan selalu hadir juga diacara festival Summer Sonic dari tahun 2009 hingga sekarang ini. Dan yang bikin Totalfat keren di mata saya, mereka selalu konsisten dengan genre musik yang mereka mainkan dan mereka juga mungkin sedikit agak kocak pas kalo pentas.

Member : Shun (vocal & bass), Jose (ホセ) (vocal & left guitar), Bunta (drum & chorus), Kuboty ( guitar & chorus)

Past member : Toshi, Yasushi

Album : End of Introduction (19 November 2003), Hard Rock Reviver (11 Januari 2007), All The Dreamer, Light The Dream (02 April 2008), For Whom The Rock Rolls (20 Mei 2009), Overdrive (09 Juni 2010), Damn Hero (25 Mei 2011), Wicked and Naked (04 Juli 2012), Seven Lives (31 Juli 2013)

Mini Album / Single : Get It Better (02 Maret 2005), Hello & Goodnight (25 April 2007), World of Glory with JOE INOUE (04 Mei 2011), Place to Try (09 November 2011), Good Bye,Good Luck (18 Januari 2012), Party Party (25 April 2012)

Best songs :



1. Dustbox

Sama seperti Totalfat, band ini pun bisa dibilang sebagai salah satu band punk sepuh Jepang dan sudah banyak orang yang tahu dengan Dustbox. Band ini memiliki 3 orang member yang dibentuk tahun 1999 di kota Kanto, Jepang. Pada tahun 2000 dirilis mini album pertama Dustbox ber-tittle "Promise You" dan dua tahun setelah itu tepatnya tahun 2002 Dusbox merilis full album pertama ber-tittle "Sound A Belle Name Hope". Selain di negerinya sediri, Jepang, Dustbox pun pernah manggung mementaskan aksinya diluar Jepang seperti di Cina dan Korea. Dustbox juga selalu hadir dan menjadi pengisi acara dalem acara-acara festival musik di Jepang diantaranya seperti Rokin On Japan, Rising Sun, Summer Sonic, Rush Ball, Monster Bush, Air Jam 2013, etc. Kalo dihitung-hitung sampai sekarang ini Dustbox sudah memiliki 7 full album yang mana album ketujuh dari Dustbox dirilis belum lama ini tepatnya tanggal 3 Juli 2013. Selain itu juga Dustbox sudah mempunyai 3 mini album dan satu split album bersama Locofrank dan Hawaiian6 ber-tittle "The Anthem".

Member : Suga (vocal & guitar), Reiji (drum), Joji (bass & chorus)

Full Album : Sound A Bell Named Hope (28 Agustus 2002), Everlasting (09 September 2003), 13 Brilliant Leaves (19 Juli 2006), Seeds of Rainbows (22 Agustus 2007), Blooming Harvest (05 November 2008)

Mini Album : Sign To The Sun (18 Juni 2003), Triangle (06 Oktober 2004), Mr.keating (11 Mei 2005)

Single : Promise You (05 September 2001), Stay Free (03 September 2003), 4our Cherries (22 Februari 2006)

Best Song :


Gimana brosis review singkatnya? Yang gak suka atau belum pernah denger sama sekali jenis musik punk rock ini jadi terhipnotis dan suka? Enggak? Hehe...

Ehiya.. Ini ada satu single musik dari band sodara ane numpang buka lapak katanya. Genrenya jelas punk rock. Coba didenger dulu deh.



Download disini...

 "REGGAE gak harus gimbal, METAL gak harus gondrong, PUNK gak harus mohawk. Ekspresikan diri kalian senyaman mungkin" - @maryann_punk (Sesepuh punk rock band Bogor)

Referensi dan sumber gambar :



You May Also Like

23 komentar

  1. Lumayan terinspirasi nih dengan band-band beraliran antimainstream gini..
    Kenapa nggak ngebahas band punk indonesia aja sob, soalnya diindonesia juga banyak tuh.. he he
    nice post..

    BalasHapus
  2. Aku sih suka2 aja sama band punk rock, hhehe. , tapi nggag begitu ngerti. Cuma kerenlah!! Apalagi band2 punk rock jepang. Aku orangny dari jaman kecil suka sama apa pun dari jepang, sekarang jadi tau dari sisi band punk rocknya. Thanks kakak.

    BalasHapus
  3. cuma tau 1 aja, yg nyanyi distance-nya naruto. lagunya emang keren.. :)

    BalasHapus
  4. nambah referensi musik nih, makasi makasi :D

    BalasHapus
  5. totalfat paling kerenn, semua album gue punya wkwkw

    BalasHapus
  6. ya ampyuuun.. udah lama ngga main ke blog ini *peluk blog..

    ternyata yang jadi backsoundnya naruto itu musik punk rock ya, padahal terdengar enak juga ya. tapi tetap aja genre ini gue kurang suka _ _"

    BalasHapus
  7. Karena mungkin kebudayaan Indonesia dan Jepang sendiri juga udah beda. Haha.

    BalasHapus
  8. mantap pisan brow!!! Cuman ada satu lagi dedengkotnya yaitu HI STANDARD cuman sayang dah bubar wuhwuhwuh

    BalasHapus
  9. hanya memberi masukan, "ONE OK ROCK" min

    BalasHapus
  10. Blogger seperti ini lah yang layak di posting, menginspirasi dan menambah wawasan. Nice Post! Kembangin terus gan #PunkForLife!

    BalasHapus
  11. Blog nya keren bangets!!
    Jadi keinget masa sekolah dl,blink 182 & superman is dead..
    buat rekomendasi di atas ane browse2 lg info detail nya,mudah2 an ada yang nyantol,biar refrensi lagu ane nambah banyak..
    tq tq tq..

    BalasHapus
  12. Jangan lupa good 4 nithing sama nothern 19

    BalasHapus
  13. Music for life ,music for fun.. Keep punk attitude not music :) ...

    BalasHapus
  14. Sekedar tambahan coba dengarin "Ken Yokoyama" bersolo karir setelah Hi Standard bubar.

    BalasHapus
  15. awalnya dari temen suka posting totalfat, pas denger pertama kali lagunya, suka! googling aliran yang sejenis, ketemu blog ini. thank you so much atas rekomendasinya min ^^

    BalasHapus

Sok mangga kasih komentar yang berhungan dengan tema tulisan ini. Satu kritik dan saran yang membangun dari kalian sangat membantu dalam mengembangkan tulisan saya ini. Thx :))